Home » , » Tips Memperbaiki VGA CARD Rusak

Tips Memperbaiki VGA CARD Rusak

Written By : Robert Aman
Updated by : berdbord at 13.59

earn
Cuma sekedar share buat yg punya permasalahan dgn VGA. klo vga kamu mati atau timbul artifak jangan trus diganti atau dibuang dulu. Berikut ada tips buat memperbaiki vga yg matot/timbul artifact.
Caranya :
1. Lepas Vgacard pada slot mobo (motherboard).
2. kemudian lepaskan kipas n Heat zink.
3. bersihkan dgn kuas kecil secara perlahan semua bagian.
4. perhatikan pasta yg menempel pada chip, jika sudah mengering bersihkan dan beri pasta yg baru. pemberian pasta yg baru pada chip dapat membantu menormalkan sistem pendingin vga sehingga vga kembali normal.
5. jika sudah selesai pasang kembali kipas dan vga pada mobo.
6. selanjutnya silahkan tes, nyalakan PC dan lihat apakah VGA sudah kembali normal atau belum. jika belum (masih mati atau timbul artifak) jgn putus asa dulu, masih ada cara yg ke2 tp sedikit ekstrim, hehehehe.....

Kamu persiapkan dulu alat2nya :
  • Vga matot/artifact
  • Kuas kecil/sikat gigi bekas
  • Alumunium foil
  • Alas panggang oven
  • Thermal pasta
  • Obeng (untuk melepas HSF)
Caranya:

1. Lepas Vga pada slot mobo, lepaskan kipas dan Heat Zink vga.


2. Rendam vga kedalam air yg sudah di campur dgn sabun (bisa Rinso,So-klin, Sunlight dsb) sambil dibersihkan menggunakan kuas/sikat gigi.


3.Jika sudah bersih, keringkan sampai benar2 kering dgn hair dryer/kipas angin


4.Panggang vga tsb kedalam oven, sebelum di panggang vga harus diberi alas yaitu alumunium foil.


panggang dengan suhu berkisar antara 100-120c jgn terlalu panas klo kepanasan bisa2 meleleh tuh PCB 5-10 menit sudah cukup, kelamaan entar gosong gak enak..

5.Setelah selesai keluarkan vga tersebut dari oven dan biarkan hingga panasnya hilang.
6.Beri thermal pasta yg baru pada chips nya, kemudian pasang kembali kipas n Heat Zink nya.
7.Pasang kembali vga pada mobo, nyalakan PC dan lihat hasilnya. enk ink enk...

Untuk point 4 tidak harus menggunakan oven jika tidak punya bisa juga dengan uap panas dari api atau dijemur di terik matahari kira-kira 60mnt tapi pastiin dulu kondisi cuacanya bener2 panas, klo ditinggal lagi dijemur tiba2 ujan khan sakitnya tuh dimana mana....

Klo udah di tes tapi masih tetep mati/artifact berarti solusinya di lem biru, tapi klo kembali normal berarti nasibmu beruntung, jangan lupa sumbang anak yatim ya...

Cara ini bisa jg di praktekan pada mobo yg mati total, aku udah pernah nyoba 2 Vga dan 1 Mobo semuanya berhasil dan kembali normal. Tapi ingat cara ini hanya berlaku untuk Vga yg mati atau timbul artifak bukan bini atau pacarmu, sebelum di praktekin anggap aja tuh Vga udah bener-bener rusak. kemungkinan berhasil sih 30:70.

Kegunaanya air sabun(rinso/sunlight atau sejenisnya)

1. menghilangkan Kotoran yang bersifat konduktif

Kotoran, baik debu atau kelembaban dapat saja menumpuk setelah sekian lama motherboard beroperasi. Debu atau kelembaban tersebut pada suatu titik tertentu akan menjadi konduktif, dan akan menghubung-singkatkan komponen-komponen kritikal seperti chipset dan prosesor. Kalaupun komponen-komponen tersebut tidak terhubung singkat karena debu atau kelembaban, listrik statik yang mungkin timbul dari kotoran sudah cukup untuk merusak komponen motherboard.

2. Air dapat me-reset IC dengan mengubung-singkatkan kaki-kaki (pin) nya.

Chip silikon seperti IC CMOS dan prosesor memang terkenal sangat sensitif. Sedikit saja mendapat perlakuan tidak wajar, chip tersebut akan berhenti bekerja. Bisa saja air dapat menormalkan kerja chip dengan menghubung singkatkan pin-pin yang kritikal (Efek RESET). Begitu juga dengan komponen dasar yang sudah jenuh seperti kapasitor (elco) dapat mengosongkan muatannya dengan menghubung singkatkan kedua kakinya.

3. Permukaan motherboard bebas dari kotoran dan minyak.

Selamat mencoba.....

Authorized : Robert Aman

Kamu Telah Membaca Artikel Tentang Tips Memperbaiki VGA CARD Rusak. Kamu Boleh Mengcopy-Paste Atau Menyebarluaskan Artikel Ini, Tapi Jangan Lupa Untuk Meletakkan Link Dibawah Ini Sebagai Sumbernya :
Share this article :
5 Comments
Komentar

5 komentar:

  1. gan , pc ane di layar muncul huruf berkeDip . . Instal window pun jd ga bs . . Kt temen tU vga nya rusak musti ganti .
    Tp , btw bs ga gan pake cAra di atas gan . Biar di layar ga muncul garis berkeDip lg .
    Thx beFore gan

    BalasHapus
  2. maksih infonya carayang baru saya tau
    saya coba buat vga saya

    BalasHapus
  3. Gan VGA Gua Ga ada Kipas Nya... Terus Gimana....

    Kalo gua nyalain Komputer Kedip" Monitornya Ada Garis Dan Kotak"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kamu cabut trus guyur pake alkohol lalu di sikat pake sikat gigi.. keringkan trus socket kuningannya pake penghapus pensil di gosok aja bro... pasang lagi. kalo masih ga bisa emank udah umurnya kali bro vga nya di lembiru kan hehe...

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
English French German Spain Italian Dutch Japanese
 
Support : berdbord | Bceceran
Copyright © 2013. berdbord - All Rights Reserved
berdbord 2013